Rabu, 28 Maret 2018

Golden Rules for Retired


*1. Saatnya untuk menggunakan uang* yg selama ini anda tabung. Gunakanlah uang tersebut dan enjoy.  Jgn berikan kepada org2 yg tidak tahu pengorbanan dan kerja keras yg Anda lakukan ketika  menabungnya.

*2. Berhentilah khawatir*  atas keadaan financial anak2 Anda dan jgn merasa bersalah jika memakai uang Anda utk diri Anda sendiri. Anda telah merawat dan mengurus anak2  Anda selama bertahun2 dan Anda tlh mengajari mereka berbagai hal yang Anda tahu.  Anda beri mereka pendidikan, makanan, rumah dan juga segala dukungan. Saat ini adlh tanggung jwb mereka sendiri utk menghasilkan pendapatan masing2.

*3. Berupaya menjadi dan membiasakan hidup sehat.* Misalnya berjalan kaki setiap hari, berolah raga yang teratur dan terukur sesuai dengan usia Anda serta makan makanan yg sehat dan tidur yg   cukup. Lakukan medical check up secara berkala.

*4. Lihatlah pemandangan yg bagus2 ... gunung pantai ... taman bunga*

*5. Jangan gampangan stress* atas hal2 kecil.
Jgn biarkan masa lalu membenamkanmu. dan jgn biarkan masa depan membuatmu takut.

*6. Cintailah hidupmu* dan cintailah keluargamu ..

*7. Rawatlah dirimu* dgn baik. Potong rambut, potong kuku, memakai minyak wangi, dll.

*8. Gunakanlah pakaian* yg menarik dan sesuai usiamu.

*9. Selalu up to date mengikuti perkembangan jaman* dengan rajin membaca koran, majalah, dll, dan tetap bersosialisasi dgn org lain. Tetap contact dgn berbagai org dgn aneka latar belakang.

*10.  Hargai generasi yg lebih muda* dan hargai juga pendapat mereka. Mereka mgkn tidak memiliki ide yg sama dgn Anda, tetapi mereka adlh masa depan dan mereka yg akan mengelolanya. Beri mereka saran, bukan kritik. Dan coba ingatkan mereka bahwa hal2 yg baik pd masa lalu tetap berlaku pada masa sekarang.

*11. Hindari menggunakan* kata-kata _"pada jaman saya dulu..."_
Karena waktu Anda adalah sekarang.... Sepanjang Anda masih hidup, maka Anda adalah bagian dari masa kini.
Mgkn dulu anda masih muda, tapi itu sdh lewat meskipun Anda masih ada. 
Krn itu bersenang2 lah dan nikmati kehidupan.

*12. Ada org yang menikmati dan menerima masa tua nya.*
Ada pula org yg menjadi  sinis, masam dan penuh kepahitan terhadap org lain.
*Hidup ini singkat. Habiskan dgn orang2 yang positif, ceria, dan bersemangat.* Hal ini akan membuat hari2mu terasa menyenangkan.  _Menghabiskan waktu dgn orang yg sinis, suka mengkritik dan suka berargumentasi, akan  membuatmu menjadi tua dan sulit untuk disukai._

*13. Jangan tinggal dgn anakmu atau cucumu.*
(optional/pilihan alternatif). Berkumpul bersama keluarga adalah hal yg menyenangkan. Namun Anda butuh privacy demikian juga mereka.

*14. Jangan abaikan hobi Anda.*
Jika tidak punya, coba cari kegiatan yg Anda sukai. Anda bisa traveling, memasak, membaca, menyanyi, dll. Anda bisa berkebun, main kartu, main catur, main billiard, melukis, dll.

*15.  Walaupun mgkn anda tidak begitu suka, tapi coba datang di setiap undangan:* Ulang tahun, pernikahan, dll. Keluarlah dari rumah. Temui org2 yg jarang anda temui. Rasakanlah hal2 baru. Pergi ke museum, jalan2 di perkebunan, dll.

*16. Coba untuk sedikit bicara dan banyak mendengar. ..*
Kalau bisa.. 😜..
Ada org yg terus menerus bicara ttg masa lalu dan tidak peduli bahwa pendengarnya tidak tertarik. Dengarkan dulu, dan jawab pertanyaan, tetapi jgn menjawab terlalu panjang. Jgn biasakan untuk mengeluh atau mengkritik. Latihlah untuk menerima situasi apa  adanya. Biasakan untuk melihat hal positif dalam setiap keadaan dan biasakan mengatakan hal2 yg baik.

17.  Rasa sakit dan rasa tidak nyaman suka datang bersama2 ketika kita makin tua. *Upayakan untuk tidak terbenam* dlm hal itu, namun coba terima sebagai bagian dr lingkaran kehidupan. Jangan biarkan rasa sakit dan tidak nyaman menjadi fokus Anda.

18. Jika Anda diserang atau disepelekan oleh org lain – *Maafkan mereka.*
Jika Anda menyerang atau menyepelekan org lain - *Minta maaf.*  Jgn biarkan rasa benci menyelimutimu. Itu hanya akan membuat anda sedih dan penuh kepahitan. Tidak penting siapa yg benar.
_Ada pepatah mengatakan "Menyimpan rasa jengkel/kesal itu seperti meminum racun tapi berharap orang lain yg mati"_ Jangan ambil racun itu. Maafkan, lupakan, dan teruskan hidup Anda.

19. Jika Anda punya keyakinan yg kuat atas suatu hal, peganglah. Namun *jgn buang waktu Anda untuk meyakinkan org lain.*  Mereka akan memilih  pilihan mereka sendiri  walau apapun yg Anda katakan. Memaksakan keyakinan Anda hanya akan membuat Anda frustrasi.  *Hiduplah dengan keyakinan Anda dan berikan contoh.*

*20. Tertawalah yg sering dan tertawalah atas apapun.* Ingatlah, Anda termasuk org yg beruntung. Anda telah hidup cukup lama. Banyak yg tidak mencapai usia ini. Carilah humor di setiap situasi.

*21. Tidak usah terlalu memperhatikan apa yg dikatakan org lain ttg diri Anda dan juga yg dipikirkan org lain ttg Anda.* Anda harus bangga terhadap diri Anda dan pencapaian yg Anda lakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar