Senin, 24 Oktober 2016

Keteladanan Orang Tua

KETELADANAN ORANG TUA

"Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu".

Ada kisah inspiratif dari sebuah film yang berjudul “Paying The Paper”. Film tersebut menceritakan seorang ayah yang menjadi depresi karena tidak bisa menerima kenyataan tentang kematian putrinya. Anaknya meninggal dalam sebuah kecelakaan, karena ia mengemudi mobil dalam keadaan mabuk. Pria tersebut menyalahkan Tuhan bahkan menyalahkan orang yang telah menjual minuman keras. Setiap malam ia mendatangi bar dan diskotik terdekat, menanyakan anaknya dan siapa yang telah menjual miras kepadanya. Namun tak satupun yang mengaku mengenal anaknya. Sampai akhirnya, ia putus asa. Pria tersebut suatu saat membuka lemari pakaiannya, dimana ia menaruh beberapa botol Wisky di sana. Ia sangat terkejut saat menemukan secarik kertas di dalam lemari itu. ”Ayah, aku bawa sebotol wisky ayah, tak keberatan kan? Aku akan meminumnya bersama teman-temanku.” Anak gadisnya meniru apa yang dilakukan ayahnya tanpa pernah diajarkan sebelumnya.

Raja Salomo dengan hikmat Tuhan pernah menuliskan agar orang tua sejak dini mendidik anak-anak di dalam kebenaran. Agar anak tersebut dapat menerima janji berkat Tuhan dimasa yang akan datang. Bagi kita para orang tua, anak adalah berkat sekaligus sebuah tugas dari Tuhan yang harus dipertanggungjawabkan kelak. Seperti ada pepatah mengatakan, “anak adalah peniru ulung dari orang tua” sangatlah benar. Tanpa disadari anak lebih sering melakukan kebiasaan orang tua, ketimbang menuruti apa yang dinasihatkan. Itu sebabnya kita perlu belajar hidup senantiasa semakin takut akan Tuhan. Mintalah pimpinan Roh Kudus untuk memimpin saat mengajari anak, baik didalam perkataan dan perbuatan sehari-hari. Hari ini, sudahkah Anda menjadi cerminan Kristus bagi anak-anak Anda?

Satu perilaku baik orang tua akan gampang diikuti daripada seribu nasihat baiknya.

Mulailah dengan menjadi teladan dalam hal disiplin,,

Sukses untuk kita semua 😘😘 🙏🙏

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar